Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Kelima

Sejarah perkembangan komputer pada awalnya ditemukan oleh seorang ilmuan yang bernama Charles Babbage yang berhasil membuat sebuah mesin yang diberi nama Difference and Analitycal Engine. Mesin ini berfungsi untuk menghitung angka. Sejak saat itu banyak dilakukan berbagai penelitian untuk menciptakan mesin hitung yang lebih cepat dan praktis. Kemudian muncul berbagai generasi komputer yang terbagi menjadi komputer generasi 1, 2, 3, 4, dan 5.
Generasi Pertama (1940-1959)
      Dalam periode ini, generasi pertama komputer mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik sebagai penyimpanan memori. Tabung vakum ini digunakan untuk memperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan elektron diruang evakuasi. Komputer generasi pertama masih sangat sulit dioperasikan dan berbiaya sangat mahal.


 

      Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data. 

Generasi Kedua (1959-1964)

        Teknologi tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di akhir 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, komputer menjadi lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, bahasa pemograman mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik.


Generasi Ketiga (1964-1970)
     Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga :

1   1. Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer secara keseluruhan
     2. Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.                     Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
     3. Peningkatan dari sisi software.
     4. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya       hanya puluhan ribu).
     5. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat                   pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan             karakter).
     6. Penggunaan listrik lebih hemat.
     7. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
     8. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara
     9.  Harganya semakin murah

    


     Generasi Keempat (1970-1980)
     
          Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebuh sederhana.
          Dampak dari ide cemerlang Kilby yang telah mengembangkan teknologi IC dapat dirasakan dengan hadirnya komputer-komputer dalam bentuk yang lebih cerdas, bekerja lebih cepat dan handal, mempunyai kapasitas memori yang sangat besar serta keunggulan-keunggulan lainnya, meski bentuk maupun volumenya justru semakin kecil.
Ciri ciri komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :
  1Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebuLSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip
     2.  Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach     Research Computing Network)
3     3,  Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
4     4.  Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS)
5           Sifat-sifatnya:
-    Ukurannya relatif lebih kecil
-    Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
-    Mengenal DataBase Management System (DBMS).



Generasi Kelima

       Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artifici Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.

Ciri dari komputer generasi kelima :

  1. Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
  2. Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
  3. Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
  4. Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
  5. Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
  6. Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
       Demikianlah sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama hingga sekarang generasi kelima. Sangat dimungkinkan dimasa yang akan datang akan muncul generasi terbaru dari sejarah perkembangan komputer, hal ini dikarenakan semakin pesatnya perkembangan teknologi komputer dari waktu ke waktu.

0 Response to "Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Kelima"

Post a Comment